Langsung ke konten utama

Penjelasan Lengkap Mengenai Marketing Mix

Penjelasan Lengkap Mengenai Marketing Mix


Artikel Original Oleh : www.vallet.id

Marketing mix – Ada yang pernah mendengar mengenai marketing mix sebelumnya? Jika belum, simak penjelasan berikut ini. Marketing mix adalah sebuah istilah yang sering digunakan oleh para pebisnis. Pembahasan mengenai marketing mix dapat Anda temukan di internet, atau ada yang pernah mendapat materi kuliah mengenai hal ini. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak hal yang telah berubah. Mulai dari teknologi hingga ilmu pengetahuan lainnya, termasuk perubahan teknik penjualan atau marketing. Bagi Anda yang pernah mendapatkan teori semasa kuliah, mungkin masih ingat pembahasan mengenai marketing mix ini menggunakan teknik 4P. Saat ini teori 4P sudah berganti menjadi 7P, yang sebenarnya pengembangan dari teori 4P sebelumnya.
Sangat mudah sebenarnya menghafal teori marketing mix dari teknik 4P atau 7P, namun yang harus diingat adalah mempraktekan teori tersebut. Sebelum memulai untuk menerapkan teori, tentu saja harus memahami tentang marketing mix. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak penjelasan lengkap agar dapat memahami mengenai marketing mix dan siap untuk mempraktekannya.
  • Definisi Marketing Mix
Menurut Amstrong dan Kotler, marketing mix adalah sekumpulan variabel-variabel marketing, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan. Dari pendapat tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa marketing adalah strategi pemasaran yang dilaksanakan secara bersamaan. Dengan tujuan mencapai target yang diinginkan.
  • Manfaat Marketing Mix
Strategi marketing mix ini dapat menjadi teknik penjualan yang luar biasa bagi bisnis Anda. Bahkan dapat dikatakan, strategi marketing mix merupakan suatu pokok pertimbangan penting bagi konsumen ketika ingin memutuskan membeli atau menolak sesuatu yang ditawarkan. Jika suatu perusahaan tidak memahami keinginan konsumen atau pangsa pasar, maka akan mengalami kerugian dalam menjaring konsumen.
Itulah mengapa Anda ketika berbisnis harus memiliki wawasan mengenai teknik marketing, seperti pembahasan marketing mix saat ini. Marketing merupakan teknik penyusunan kalimat dan kata-kata dalam bidang pemasaran. Dengan tujuan, memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Pemasaran dimulai saat pemenuh kebutuhan manusia, bertambah menjadi keinginan manusia. Teknik marketing sangat mempengaruhi keberhasilan perusahaan dalam memasarkan sebuah produk atau jasa. Jika teknik pemasaran ini berhasil, maka dapat mengubah pemikiran orang mulai dari keinginan menjadi kebutuhan dan harus dimiliki.
  • Teknik 4P – 7P Marketing Mix
Sekarang mari kita masuk untuk pembahasan yang lebih dalam, yaitu mengenai 4P (Product, Price, Promotion dan Place). Apabila Anda pernah mempelajarinya atau sudah mengetahui mengenai marketing mix, maka dapat dipastikan sudah sangat familiar dengan istilah 4P ini. Untuk mengingatnya kembali, Anda dapat membaca ulasan berikut
1. Produk (Product)
marketing mix 01-produk
Produk di sini dapat berupa bentuk fisik seperti makanan, buku, atau bersifat digital seperti aplikasi dan lain sebagainya. Produk ini juga dapat berupa jasa atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Jika dijelaskan secara teori produk merupakan segala bentuk yang ditawarkan kepada target pasar untuk digunakan atau dikonsumsi. Produk atau jasa yang dihasilkan harus unik dan memiliki kualitas yang mampu meningkatkan daya saing produk atau jasa tersebut di pasaran.
2. Harga (Price)
marketing mix 02-harga
Harga yang di maksud ini adalah, penawaran Anda kepada klien mengenai produk atau jasa perusahaan. Pilihlah harga yang sesuai dengan kemampuan target pasar. Untuk itu, sebelum memulai bisnis Anda harus melakukan riset pasar mengenai harga yang pantas ditawarkan kepada konsumen.
3. Tempat (Place)
marketing mix 03-lokasi
Teori ini berfokus pada lokasi perusahaan Anda berdiri. Semakin strategis lokasi perusahaan maka akan semakin besar keuntungan yang didapat. Dengan lokasi yang strategis dapat mempermudah konsumen menemukan lokasi bisnis Anda. Sehingga transaksi penjualan lebih mudah terjadi.
4. Promosi (Promotion)
marketing mix 04-promosi
Strategi marketing mix ini juga berfokus kepada masalah promosi bisnis. Seperti bagaimana cara memasarkan produk, media yang digunakan, dan sebagainya. Promosi merupakan strategi yang harus dikuasai dengan tujuan seperti berikut :
  • Menginformasikan produk baru.
  • Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru.
  • Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk.
  • Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang sudah terkenal.
  • Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk.
  • Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli satu produk.
5. Orang (Participants)
marketing mix 05-orang
Faktor ini berperan penting dalam membuat kemajuan dan kemunduran sebuah perusahaan. Inilah alasannya mengapa perusahaan-perusahaan mencari kandidat yang berkompeten dalam hal pemasaran. Bahkan, beberapa perusahaan ada yang berani membayar lebih untuk meminta bantuan kepada pihak pencari kerja independen yang ahli, untuk mencari kandidat pekerja. Faktor penting lainnya dari SDM adalah attitude dan motivasi dari karyawan dalam industri jasa. Attitude ini diaplikasikan dalam berbagai bentuk mulai dari penampilan karyawan, intonansi saat berbicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi dapat menentukan sejauh apa karyawan ingin dan menyukai pekerjaan yang dilakukan.
6. Proses (Process)
marketing mix 06-proses
Teori yang satu ini mencakup bagaimana perusahaan melayani permintaan konsumen. Mulai dari konsumen memesan hingga mendapatkan pesanannya. Beberapa perusahaan tentu saja memiliki proses melayani konsumen yang berbeda dan unik. Seperti halnya di suatu restoran, ada beberapa restoran yang memberikan fasilitas “open kitchen” yang dapat mempermudah konsumen melihat kegiatan para koki.
7. Tampilan Fisik (Physical Evidence)
marketing mix 07-kemasan
Penampilan di sini adalah kemasan yang digunakan pada produk. Semakin menarik kemasan yang digunakan, maka semakin menaikan minat keingin tahuan konsumen terhadap sebuah produk. Untuk itu, Anda juga harus memperhatikan penggunaan kemasan agar menarik minat konsumen.
Itulah 7P yang dapat anda pelajari untuk kemajuan bisnis Anda. Untuk mewujudkan semua konsep mix marketing di atas, tentunya dibutuhkan perencanaan pembiayaan yang baik dan terencana. Agar semua strategi dapat berjalan dengan baik dan terencana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Olahraga

Setiap orang tentu memiliki paling sedikit satu olahraga favorit, entah itu berenang, yoga, lari, dll. Namun tahukah Anda bahwa preferensi olahraga tersebut merefleksikan juga kepribadian Anda secara garis besar? Yuk lihat apa kata olahraga favorit tentang diri Anda: 1. Penyuka Kelas Olahraga (Yoga, Zumba, Muay Thai, dll) Berarti Anda adalah sesorang yang gemar bersosialisasi. Anda membutuhkan panduan agar tetap rutin berolahraga. Motivasi Anda saat mengikuti kelas yang cenderung rutin adalah penghargaan dan pujian orang atas hasil yang Anda capai saat mengikuti kelas tersebut. Anda dikatakan juga adalah orang yang spontan, kurang kompetitif dan agresif, serta senang bila diberitahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. 2. Melakukan Semua Olahraga Sendiri Jika Anda sedang menggilai olahraga namun melalukannya sendirian tanpa teman, bantuan pelatih, atau bahkan menghindari bertemu peserta lain di tempat olahraga, Anda dikatakan sedang berusaha untuk beristirahat sejenak da...

Pentingnya Nutrisi Bagi Perkembangan Otak Anak

Pentingnya Nutrisi Bagi Perkembangan Otak Anak Siapa sih yang tidak ingin mempunyai anak yang pintar dan berprestasi? Setiap orang tua pasti bekerja sekeras mungkin untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Bukan hanya sekolah, para orang tua juga memberikan kursus atau les untuk meningkatkan prestasi dan kecerdasan si kecil. Sayangnya, belajar saja tidak cukup loh moms! Jika anak tidak mendapatkan asupan nutrisi yang optimal sejak ia kecil, pertumbuhan dan perkembangan otaknya akan terhambat dan mereka pun bisa kalah saing! Oleh karena itu manfaatkanlah masa-masa  golden age  pada anak agar mereka sukses di masa depan dengan memberikan nutrisi yang cukup. Nah, ayo simak kriteria-kriteria penting yang mommies perlu perhatikan sejak usia dini! Baca juga :  Tips Mendidik Anak Jaman NOW! 4 Faktor Penting Bagi Perkembangan Otak Anak Keseimbangan Gula Darah Ibarat kata, gula itu adalah bahan bakar otak kita loh moms! Namun jika terlalu ba...